Kamis, 23 Mei 2013

Cerita Umroh 1 (Tips Umroh )

Hai blogger..alhamdulillah kemarin tanggal 20 Mei 2013 tepat jam 21.00 WIB akhirnya saya dan keluarga sudah kembali ke rumah tercinta setelah melakukan perjalanan umroh selama 9 hari di Madinah dan mekkah :). Alhamdulillah semua di beri kesehatan dan kelancaran selama beribadah dan kembali ke tanah air, walau saya sendiri di 2 hari terakhir di Mekkah hingga pulang malah terkena batuk kering dan belum berhenti sampai sekarang :(. Well.. meski masih belum pulih betul gak menyurutkan semangat aku untuk bisa sharing dan berbagi sedikit cerita tips dan pengalamanku selama umroh kemarin..:D ( gpp yah kali ini postingannya sedikit menyimpang dari kiyut handycraft :P, heheh )

Puji syukur alhamdulillah tidak terkira saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena salah satu mimpi besarku untuk bisa berkunjung dan beribadah ke Baitullah yaitu dengan umroh sudah terlaksana ^^. Apalagi bisa pergi bersama keluarga meski hanya bertiga dengan mama papaku. Thanks ya pa.. ma sudah mengajakku ikut serta beribadah umroh bersama kalian.. sungguh gak pernah kusangka-sangka bisa pergi secepat ini ..Insyaallah ini adalah berkah dari Allah buatku melalui kalianlah mimpiku itu bisa terwujud...:))

Jujur persiapan kami cukup mepet untuk rencana berangkat umroh tanggal 12 Mei 2013 kemarin. Bagi papa mamaku yang sudah berhaji tahun 2006 sebelumnya mungkin tidak terlalu kaget dan bingung dengan apa yang perlu dipersiapkan waktu umroh ini. Tapi bagiku ini adalah pengalaman pertama  beribadah ke tanah suci dan pengalaman pergi jauh keluar negeri pertamaku juga hehehe jadi waktu tahu saya di ajak ikut serta mereka , sangat excited bangetttt ampe gak bisa tidur ( xixixixi lebay.com :P ). 

Saya baru di beri tahu mama papa untuk di ajak umroh hanya sebulan persis sebelum hari H berangkat, yaitu tgl 11 April 2013. Bayangin ajah waktu itu  hanya saya  yang belum ngurus paspor sama skali. Tapi alhamdulillah segalanya terasa di mudahkan ama Allah SWT hingga akhirnya semua persiapan dan kelengkapan untuk ibadah umroh bisa tersedia pada waktunya :).  ( Oiya tentang tips cara mudah mengurus paspor sendiri secara online tanpa calo,insyaallah akan saya share sendiri  lain waktu setelah postingan ini ^^ ).

aku, mama, dan papa setelah umroh pertama :)
(image by me)

Baiklah dalam postingan kali ini saya akan berbagi tips  sebelum berangkat  umroh yang aku tulis berdasar beberapa catatan tips umroh dari berbagai sumber dan pengalaman saya sendiri kemarin :).  Semoga bermanfaat bagi teman- teman yang akan dan punya rencana berangkat umroh juga dalam waktu dekat..aamiinn..

Here we go...Tips umroh ala dhini ^^ :

1.Persiapan sebelum berangkat umroh  
  • Pilihlah agen travel yang sudah punya kredibilitas dan pengalaman yang baik dalam menyelenggarakan haji/umroh. Sesuaikan dengan budget yang ada. Untuk menghemat biaya dan tenaga bisa dipilih paket travel regular, jadi gak pake singgah / jalan2 dulu kaya ke malaysia, dubai, mesir, turki dll. Tapi langsung ke jeddah atau madinahKebetulan dari awal mama papaku memang berniat untuk fokus ibadah gak pake tour kemana-mana. Karena pengalaman saudara juga yang ikut paket plus wisata gak maksimal jalan-jalannya karena sudah kepayahan fisiknya setelah ibadah umroh :).
  • Segera urus perlengkapan dokumen untuk  keperluan administrasi seperti paspor, foto close up ( muka kliatan lebih dekat dan jelas ), kartu kuning vaksinasi meningitis dan influenza.  Yang terakhir itu juga perlu karena merupakan salah satu syarat yang di wajibkan pemerintah Arab Saudi bagi calon jamaah haji/umroh. Berdasarkan pengalamanku kemarin mengurus paspor, foto, dan vaksin kurang lebih makan waktu 2 minggu sampai selesai semua ^^.
  • Bagi yang jarang olahraga, mulai deh nyicil tiap paginya latihan jalan kaki atau jogging sebelum berangkat supaya nantinya terbiasa dan fisik kita juga lebih kuat waktu melakukan  tawaf, sai, dan berjalan kaki tiap ke masjid untuk ibadah.
  • Mulai membaca beberapa panduan buku umroh ( rukun2 dan larangannya), do'a 2 ketika rukun umroh, dan sholat sunah, seperti shalat jenazah karena di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram hampir setiap selesai shalat wajib akan ada shalat jenazah. Agar kita punya bekal pengetahuan agama yg cukup pula ketika beribadah disana selain info yang kita dapat dari pembekalan ( Manasik ).
  • Jaga kesehatan badan dan rohani kita. Persiapkan betul fisik dan hati kita ( belajar ikhlas, dan sabar ), banyak do'a semoga di beri kelancaran beribadah disana , karena ini merupakan perjalanan ibadah ( spiritual) ke Tanah suci bukan sekedar jalan-jalan biasa ^_^ .              
2. Persiapan perbekalan dan perlengkapan selama umroh
  • Sebaiknya sudah persiapkan kebutuhan isi koper seminggu sebelum berangkat. Seperti pakaian ihrom ( baju gamis ), sandal/ sepatu, kaos kaki, kaos tangan, kerudung/bergo, pelembab/ sabun non parfume dll. Lebih baik cari di toko one stop shopping perlengkapan haji, karena lebih lengkap dan hemat tentunya. ( Biasanya ada beberapa yang akan diberi gratis seragam dari travel agent, seperti pakaian ihrom dan baju koko untuk laki-laki, mukena  bagi wanita  )
  • Bawalah baju sedikit dan sesimple mungkin ( perkiraan umroh 9 hari ) 2-3 stel selain baju ihrom dan pakaian tidur  yang bisa dipakai beberapa kali ( mix and match ). Buat wanita lebih baik  membawa baju gamis ( terusan panjang ) daripada potongan atasan bawahan karena waktu disana bisa skalian di pakai waktu shalat tanpa perlu memakai mukena. Jika memang kurang baju tenang ajah disana ( biasanya dijual di depan masjid Nabawi, Madinah) banyak juga yang menjual gamis lumayan murah mulai dari harga 15 riyal :D. Akan menghemat isi koper yang nantinya pasti akan lebih banyak yg dibawa waktu pulang karena ketambahan isi oleh2nya hehehe :P
  • Pakaian sholat mukena bawa 1 stel ajah sudah cukup, karena disana sholat juga tidak harus pakai mukena seperti di Indonesia, asal pakaian kita sudah menutup aurat selain muka dan telapak tangan tentunya. Oh ya bawa sajadah yang tipis jika perlu, misal saat sholat jamaah sudah gak kebagian tempat di dalam dan terpaksa sholat di pelataran masjid. Untuk kerudung sebaiknya pakai yang model bergo ( langsung pakai) yang panjang menutup dada, karena selain lebih praktis juga menyesuaikan dengan budaya arab yang memang muslimahnya memakai kerudung panjang.
  • Untuk pakaian dalam bawa secukupnya, namun alangkah lebih baik bawa cd/panty skali pakai  yang bisa di beli di hypermart, karena selain tidak perlu banyak yang di cuci, jika terkena najis setelah buang air bisa langsung di buang dan ganti yang baru ^^
  • Jangan lupa bawa buku do'a saku, Al-Qur'an kecil untuk kita baca disana.
  • Bawalah perlengkapan obat2an sendiri dari Indonesia sebagai antisipasi disana, karena selain jarang ada merek obat indonesia yang dijual disana, adapun obat2 disana blum tentu cocok buat kita dan harganya jauh lebih mahal :D. Obat-obatan yang perlu dibawa antara lain obat batuk, flu ( tablet, hisap, hindari obat cair dlm botol slain gak praktis juga menghindari tumpah slama dijalan ), multivitamin, obat diare, pusing, obat tetes mata, balsem dll. Untuk kita para wanita yang  gak kalah penting adalah membawa obat penunda menstruasi ( primalut N) yg bisa di beli bebas di apotik, jika sekiranya saat berada di tanah suci pas tanggal biasa kita dapat menstruasi .
  • Bawalah satu pasang sepatu karet/sepatu sandal dan sandal jepit untuk dipakai sehari-hari disana karena lebih praktis ketika di masukkan dalam kantong plastik/tas saat ibadah jamaah di masjid.
  • Selain bawa tas koper besar ( biasanya dari travel kita dapat jatah seragam), bawalah juga tas tenteng yang bisa di taruh di kabin pesawat nanti berisi 1 stel pakaian ganti, handuk kecil,  perlengkapan mandi , pelembab wajah dan bibir, sunscreen lotion. In case jika waktu di perjalanan muntah/ basah dan delay di tempat transit kita bisa segera ganti/ menyegarkan diri. Atau jika koper kita belum sampai di hotel, hal ini bisa saja terjadi jika kita berada di rombongan tur yang banyak sekali jumlahnya.
  • Jika perlu bawa tas jinjing lipat yang bisa di masukkan dalam kabin pesawat, untuk tambahan tas jika waktu pulang oleh2 yang dibawa cukup banyak dan tidak muat dimasukkan dalam koper. Jadi kita tidak perlu membeli tas jinjing tambahan disana ( prinsip berhemat lagi hehehe..:P). Perlu diingat pada umumnya  dari travel, jatah yang bisa dimasukkan dalam bagasi pesawat hanya 1 buah koper baju , dan berat maksimalnya 25 kg termasuk jatah 10 liter air zam-zam untuk satu jamaah.
  • Oh ya siapkan pula kaca mata hitam yg ada pelindung UVnya, payung kecil/ topi ( berguna banget menahan silau matahari siang ketika  kita ziarah / tawaf), masker , syal/ jaket  ( jika kita berangkat ketika di mekkah sedang musim dingin atau bagi yang gak tahan dingin di dalam pesawat ).
  • Umm gak kalah penting bawa beberapa gantungan baju kecil dan detergen sachet, karena  kemarin pas aku pergi ternyata bermanfaat banget buat menggantung baju / baju dalam setelah di cuci disana ( asal tahu ajah laundry disana lmyn mahal loh hehe... :D ) jadi mending cuci sendiri toh juga cepat kering karena blower di kamar cukup besar anginnya :P.
  • Buat yang kira2 gak cocok makanan disana, boleh bawa mie instan dalm cup (popmie), sereal ( energen) secukupnya, Gak usah banyak-banyak karena pengalaman kemarin juga gak kemakan dan kebawa pulang lagi karena disana juga dapat jatah snack dari travel, hehe.
  • Jangan lupa bawa charger kamera poket, HP dan colokan 3 lubang, karena rata-rata stop kontak di bandara dan kamar hotel disana berlubang 3.   
  • Oh iya kalo perlu bawa botol minum kecil kosong dari rumah yang bisa dimasukkan dalam tas kecil, agar pas di madinah/ mekkah bisa kita isi  ulang dengan air zam-zam untuk perbekalan minum selama di masjid. Dimana air zam-zam disana di berikan gratis dan melimpah. Asal tahu ajah harga sebotol air mineral disana lebih mahal daripada di Indonesia. Untuk sebotol aqua ukuran sedang harganya sekitar 10 ribu rupiah. Kemarin saya juga membawa botol minum tupperware kosongan dan dimasukkan dlm bagasi, yang juga berguna untuk direfill air zam-zam untuk persediaan di hotel/ jalan, jika memang tidak disediakan air mineral di Hotel, karena sayang banget kalo harus beli air mineral, kecuali terpaksa jika kita bisa minum air zam-zam yang berlimpah disana :D.
  • Bawalah uang perbekalan secukupnya. Untuk keamanan hindari membawa kartu ATM atau kartu kredit jika memang tidak berniat berbelanja cukup banyak disana, KTP, SIM dan kartu2 yang tidak begitu urgent di pakai disana. Selain menghindari hilang ketika kita disana, juga agar tidak memenuhi dompet kita. Oh ya untuk berbelanja disana selain menggunakan uang riyal, kita juga bisa tetap memakai uang rupiah dalam pecahan 50.000 dan 100.000 an, karena memang sudah terkenal orang Indonesia yang suka berbelanja disana heheh :P. Untuk penukaran mata uang riyal, berdasarkan pengalaman dan tips dari pembimbing travel , lebih murah kita menukarkan disana ( Madinah / Mekkah ) daripada kita menukar ketika masih di Indonesia. Ya ada selisih yang lumayan  lah..:)

Ummm kira-kira demikian beberapa tips persiapan yang bisa saya share ketika kita akan pergi ibadah Umroh . Nanti akan saya update beberapa tips selama perjalanan dan ketika beribadah disana , karena terus terang saya juga lupa lupa ingat hehehe..insyaallah akan saya gabung dengan cerita singkat perjalanan umroh saya kemarin di postingan selanjutnya :).

Semoga bermanfaat ya...dan yang bagi mau melaksanakan ibadah umroh  juga semoga lancar dan sehat selalu ya... ^_^
Cheers,

 


                   



63 komentar:

  1. wah seru bangat yaa,aku pengen seperti mba bisa sama keluarga pergi umrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii vina.. salam kenal,thank you sudah mampir ke blog ku..;). Aamiin insyallah suatu saat nanti vina bisa menyusul pergi kesana bareng keluarga yah..^^

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. tfs mba. amat sangat berguna tipsnya.
    mba apa efeknya ke badan mba dhini waktu minum primalut N ketika waktunya bulanan datang, tapi ditunda kedatangannya?
    trm ksh ya mba sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba fitria..waktu aku kemarin aku gak merasakan efek yang gimana2 setelah minum obat penunda itu, karena sepulang umroh dan waktu aku berhenti minum akhirnya datang bulanannya datang seperti biasanya..
      semoga cukup membantu yah jawabannya ;)

      Hapus
    2. Mbak mohon infonya minum primalut n nya itu setiap hari atau sebulan sekali aja mbak, pas bulan mau berangkat umroh

      Hapus
  3. waaah selamat ya yang baru pulang umroh nih, moga makin barokah. makasih sudah sharing, kebeneran lg cari2 info jg.

    mba, kalau untuk makan apa sudah disediakan oleh travelnya? makanan timur tengah kah? kalau kita jajan/makan di luar gampang dan mahal gak ya?
    trus cuci baju di hotel kena nya brp riyal ya? hihihi takut klo males nyuci sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba rustka...aamiin makasih mba :)

      Kemarin waktu aku umroh kebetulan disana dari travelnya kalo makan kita disediain ama katering dari indonesia. Jadi sebagian besar hotelnya cuma nyediain tempat menginap, klo makannya di sediain ama beberapa katering travel..kebnyakan masakan indonesia koq klo selera gak jauh masakannya dengan yang di sini.

      Kalo mau jajan diluar juga bisa disekitar komplek masjid ada beberapa resto/cafe yang sediain masakan indo jg. Ada juga KFC, Klo harga relatif lah yah mesti pinter milih2 juga. Kemarin klo cuma jajan kebab ajah aku beli mulai 5 riyalan.

      Klo laundry aku kurang tahu kena bp?tapi katanya pembimbing dan org2 yang pernah umroh sih bilangnya lumyan mahal mba, makanya disaranin cuci sndiri hehe :).

      Hapus
  4. Balasan
    1. semoga bermanfaat..

      terima kasih sudah berkunjung ke blog kiyut:)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hallo sdr Antho, kemarin saya pake travel Arofahmina di Jalan kartini surabaya

      Hapus
  6. Alhamdulillah dapet pencerahan, terima kasih banyak sharingnya... Insyaalloh berguna nanti pas aku umroh akhir tahun ini... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama terima kasih sudah mampir ke blog Kiyut :),,wah alhamdulillah mau berangkat umroh ya..smoga lancar perjalanan dan ibadahnya :)

      Hapus
  7. Alhamdulillah 8 februari ini saya juga berangkat umroh, umroh pertama dan ke luar negri pertama juga... dan di kasih tau mendadak juga,,, hampir sama cerita awalannya... heheheh thx udah sharing

    BalasHapus
  8. umroh

    murah
    .
    artikel yang menarik, semoga saya bisa menyusul untuk Umroh dan

    haji ke baitullah...

    BalasHapus
  9. assalamualaikum wr.wb. sungguh sangat menarik, tips tips yang mbak berikan di sini, semoga akan menjadi tambahan informasi yang sangat berguna, insyaallah bulan ramadhan ini, saya umroh, kira-kira apakah sama cerita jika umroh di bulan ramadhan ya mbak? .

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah kalau kita sudah punya niat kuat, insya allah akan memberi jalan kemudahan.

    BalasHapus
  11. assalamualaikum wr.wb.
    Alhamdulillah ...aq tinggal menghitung hari untuk kesana
    trimakasih atas pengalamannya & tips tipsnyaa

    BalasHapus
  12. alhamdulillah saya juga berkesempatan kesana baru-baru ini, indahnya tidak bisa dilukiskan kata-kata. sedikit saya juga coba tuangkan di blog tapi ternyata kepanjangan dan agak membosankan hehe :(

    http://biarbiur.blogspot.com/2015/01/sebuah-kisah-nyata-perjalanan-spiritual.html

    BalasHapus
  13. Luar biasa produknya bagus- bagus. Saya lagi cari

    Mukena
    semoga cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, terima kasih atas apresiasinya...kalo mau lihat produk mukena handmade by KIYut bisa langsung ke fan pages ya.. :). berikut linknya

      https://www.facebook.com/pages/Kiyut-Handycraft/125558844193370

      Hapus
  14. Terima kasih buat tips2nya...salam

    BalasHapus
  15. thanks buat infonya,,

    http://goo.gl/vvCSpF

    BalasHapus
  16. terimakasih, buat tulisannya. Membuat rindu dengan Haramain :)

    Moga suatu saat rizki utk Umroh lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2..semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

      Hapus
  17. Assalamu'alaikum...

    Terima Kasih Info Yang Bagus Produsen Mukena Katun Jepang

    BalasHapus
  18. Wa'alaikumsalam...
    Bisa kalo mau pesan mukena umroh, kebetulan saya juga memproduksi dan menerima pesanan mukena berbahan katun dan katun jepang.
    Untuk info lanjut bisa add pin bbm 270A9986
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Cerita yang bagus dan menyenangkan (Y) Mukena Umrah

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum, salam kenal ya. Artkelnya sangat bagus. Semoga bermanfaat. Wassalam

    BalasHapus
  21. Salam kenal. Pengalaman yang menyenangkan dan sangat bermanfaat.

    Memang melaksanakan ibadah umroh adalah keinginan semua orang muslim, mengingat panjang waktu antrian naik haji sangatlah panjang. Jadi ibadah umroh ini salah satu alternatif untuk pergi ke tanah suci.

    Banyak sudah sekarang ini para agen travel haji/umroh menawarkan paket umroh mulai dari yang promo hingga yang VIP. Tinggal anda sendiri mau pilih paket yang mana.

    Semoga dengan umroh ini bisa meningkatkan keimanan kita menjadi lebih baik lagi ya. Amiin...

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah semoga muslim dan muslimah Indonesia semakin banyak yang bisa Umroh dan Haji ke Baitullah

    BalasHapus
  23. Bagus sekali artikelnya semoga bisa menyusul pergi Umroh. Amin

    BalasHapus
  24. Assalammualaikum wr wb,
    Bapak & Ibu Kaum Muslimin yang Berbahagia .
    PERIHAL :: Informasi Umroh Bersama Sahabat SBL ( SOLUSI BALAD LUMAMPAH)
    UMROH Hemat & Berkah 2016
    APAKAH ANDA BELUM MELAKSANAKAN HAJI ATAU UMRAH?
    SUDAH ADA NIAT TAPI BELUM TERLAKSANA
    LANTARAN BELUM ADA BIAYA?
    JANGAN KHAWATIR …
    SELALU ADA JALAN BUAT ORANG-ORANG
    YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH …

    MAU UMRAH / HAJI TAPI BINGUNG ?

    KAMI SIAP MEMBANTU, HINGGA IMPIAN ANDA BENAR BENAR NYATA

    PENDAFTARAN UMRAH DAN HAJI PLUS BISA ANDA LAKUKAN DI SINI

    INSYA ALLAH …. IBADAH UMRAH ANDA TAHUN INI BERBEDA DAN LEBIH BERMAKNA DARI TAHUN SEBELUMNYA …..

    Inilah yang ingin kami rekomendasikan khusus untuk Anda:

    PT. SOLUSI BALAD LUMAMPAH (SBL). yaitu sebuah Program Haji Plus / Umroh Bisa Berkesempatan Mendapatkan Umroh Gratis , untuk Anda dengan sebuah konsep yang unik dan menarik Yang Bertujuan MULIA yaitu :

    “Bagaimana Membuat Orang Yang Tidak Mampu Menjadi Mampu Untuk Umrah / Haji dan Sekaligus Merubah kondisi Financial menjadi lebih baik & Sejahtera. Hidup Berkah & Hidup Berlimpah“
    • Bisa Membuka Kantor Perwakilan Kota
    • Bisa Membuka Kantor Cabang

    Silahkan Hubungi : Kantor Perwakilan SOLUSI BALAD LUMAMPAH Area Denpasar , Propinsi . Bali
    SMS / Whatsapp : +62 858 5727 2724
    BBM : 59CF1C89
    Email : umrah.sahabatsbldenpasar@yahoo.com
    WEBSITE : http://solusiumrohsblperwaklandenpasarbali.blogspot.co.id
    http://solusiumrohgratiskeluargasbl.blogspot.co.id/
    http://mauumrahdanhajidenpasar.blogspot.co.id


    BalasHapus
  25. Assalammualaikum wr wb,
    Bapak & Ibu Kaum Muslimin yang Berbahagia .
    PERIHAL :: Informasi Umroh Bersama Sahabat SBL ( SOLUSI BALAD LUMAMPAH)
    UMROH Hemat & Berkah 2016
    APAKAH ANDA BELUM MELAKSANAKAN HAJI ATAU UMRAH?
    SUDAH ADA NIAT TAPI BELUM TERLAKSANA
    LANTARAN BELUM ADA BIAYA?
    JANGAN KHAWATIR …
    SELALU ADA JALAN BUAT ORANG-ORANG
    YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH …

    MAU UMRAH / HAJI TAPI BINGUNG ?

    KAMI SIAP MEMBANTU, HINGGA IMPIAN ANDA BENAR BENAR NYATA

    PENDAFTARAN UMRAH DAN HAJI PLUS BISA ANDA LAKUKAN DI SINI

    INSYA ALLAH …. IBADAH UMRAH ANDA TAHUN INI BERBEDA DAN LEBIH BERMAKNA DARI TAHUN SEBELUMNYA …..

    Inilah yang ingin kami rekomendasikan khusus untuk Anda:

    PT. SOLUSI BALAD LUMAMPAH (SBL). yaitu sebuah Program Haji Plus / Umroh Bisa Berkesempatan Mendapatkan Umroh Gratis , untuk Anda dengan sebuah konsep yang unik dan menarik Yang Bertujuan MULIA yaitu :

    “Bagaimana Membuat Orang Yang Tidak Mampu Menjadi Mampu Untuk Umrah / Haji dan Sekaligus Merubah kondisi Financial menjadi lebih baik & Sejahtera. Hidup Berkah & Hidup Berlimpah“
    • Bisa Membuka Kantor Perwakilan Kota
    • Bisa Membuka Kantor Cabang

    Silahkan Hubungi : Kantor Perwakilan SOLUSI BALAD LUMAMPAH Area Denpasar , Propinsi . Bali
    SMS / Whatsapp : +62 858 5727 2724
    BBM : 59CF1C89
    Email : umrah.sahabatsbldenpasar@yahoo.com
    WEBSITE : http://solusiumrohsblperwaklandenpasarbali.blogspot.co.id
    http://solusiumrohgratiskeluargasbl.blogspot.co.id/
    http://mauumrahdanhajidenpasar.blogspot.co.id


    BalasHapus
  26. hi mbak edhini, menarik sekali sharing cerita perjalanan umroh nya. it is very2 useful

    terima kasih banyak ya
    salam
    rahmat

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah bermanpaat sekali ceritanya,sukses selalu ya buat mba edhini nya.

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah bermanpaat sekali ceritanya,sukses selalu ya buat mba edhini nya.

    BalasHapus
  29. Sipplaah..cocok buat Panduan.. Terima Kasih Banyak,, InsyaAllah sudah siap Umroh :D

    BalasHapus
  30. KTP nggak dibawa gak apa apa ya...?

    BalasHapus
  31. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, Saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pakej hiburan ( Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mengalami kemalangan yang teruk yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dan doktor RM20 permintaan. 000 Saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman mana-mana tetapi ia tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda yang tidak membantu dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka mendakwa collecterial saya sekali lagi, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, saya berpendapat bahawa saksi pinjaman dipanggil Lady Jane (ladyjanealice@gmail.com) jadi saya melalui e-mel beliau dan dia memberitahu saya saya perlu hubungi En Dangote melalui e-mel (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya lakukan.

    i telah diminta untuk mengisi borang dan mengemukakan kad ID saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel yang lengkap dan ditandatangani dokumen dan di tengah-tengah malam saya menyemak akaun bank saya, saya terkejut berapa banyak saya untuk permohonan pinjaman itu telah dipindahkan ke akaun bank saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman. bantuan mr Dangote, anak saya adalah baik dan sihat, terima kasih kepada Jane dan Encik Dangote, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    BalasHapus
  32. www.nabawitransport.com merupakan suatu unit usaha yang bergerak dalam bidang jasa layanan transportasi khususnya tour & travel, kami melayani travel antar kota yang mana penumpang bisa di jemput di alamat dan di antar sampai kota tujuan,kami mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan sampai di kota tujuan.

    BalasHapus
  33. Barakallah.. semoga umrohnya mabrur.

    kami ada paket umroh murah di november ini, silahkan mampir ke web kami:

    https://www.davarogroup.com/detail-Umroh-1-paket-umroh-november-2017.html

    Terima kasih

    BalasHapus
  34. Maa syaa Allah pengalaman yang bermanfaat, semoga dimudahkan kesana lagi,,

    umroh sesuai sunnah

    umroh ramadhan klik umroh ramadhan 2018

    Panduan umroh gratis silahkan klik tata cara umroh

    Terima kasih

    BalasHapus
  35. Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (IDR600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan dan hanya 2% tingkat suku bunga.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  36. Adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan, pinjaman peribadi, pinjaman automatik, pinjaman pertanian, pembelian pinjaman dan penjualan, pinjaman pelaburan atau pembiayaan projek? Kami menubuhkan sebuah institusi pemberi pinjaman negara untuk memberi sokongan kepada syarikat awam dan syarikat sektor swasta serta individu. Ini adalah untuk menyokong status kewangan di seluruh dunia. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini, kami memberi jaminan bahawa tawaran terbaik adalah kebahagiaan kami. Keutamaan Kami menawarkan pinjaman kepada bahagian-bahagian yang berlainan di dunia. Asia, Australia / Oceania, Eropah, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika, Antartika. Hubungi kami untuk maklumat lanjut.Email
    hubungi RUMANA J LOAN Dari melalui E-mel: rumanajloanfirm@gmail.com
    KEPERLUAN KREDIT MAKLUMAT YANG DIPERLUKAN:
    1) Nama penuh: ............
    2) Jantina: ............ .....
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nombor Telefon: ........
    6) Kerja: ..............
    7) Pendapatan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Diperlukan: .....
    9) tempoh pinjaman: ...............
    10) sebab untuk pinjaman: ...........
    11) adakah anda memohon dan ditolak? Kemudian ........
    Best Regard

    BalasHapus
  37. Makasi mas, artikel meskipun udah lama, tapi sangat membantu sekali terutama bagi jamaah yang baru pertama kali ingin umroh, apalagi ditambah dengan pengalaman uniknya..semoga menjadi haji yang mabrur

    BalasHapus
  38. Alhamdulilah semoga ibadah umrohnya menjadi ibadah yang terbaik dan mendapat ganjaran yang besar dari Allah, TRAVEL UMROH TERBAIK

    TRAVEL HAJI DAN UMROH

    BalasHapus
  39. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  40. artikel nya bagus untuk para calon jemaah haji yang belum berpengalaman
    coba cek travelnya ya travel umroh sunnah jakarta

    BalasHapus

  41. Hebat banget pengalamannya, semoga saya bisa berangkat suatu saat nanti dengan travel umroh terbaik yang ada di indonesia dan mendapatkan pengalaman yang sama dengan Mbak Edhini

    BalasHapus


  42. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  45. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  46. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  47. sangat menarik penjelasan tentang paket umroh
    jangan lupa cek juga yuk paket dan travel umroh murah nya
    www.zaharaumroh.id/
    www.hanaumroh.com/
    www.alshaumroh.com/

    BalasHapus
  48. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkenalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya

    BalasHapus
  49. Makasih buat sharing perjalanan umrohnya.. yuk bagi yang cari tas seminar, sebelum produksi penuh,bisa kunjungi katalog kita di produksi tas kita,..
    Produksi tas jakarta yang murah dan terpercaya, sehingga kami berikan kemudahan buat anda


    Thank's.

    BalasHapus
  50. Pengalaman umrohnya bisa untuk yang mau umroh. Kami menyediakan berbagai macam tas ransel pria, tas anak sekolah, tas anak kuliah dan tas ransel laptop dengan kualitas yang bagus dan terbuat dari bahan pilihan. Ada bonus raincovernya juga untuk melindungi Tas laptop polo kalian.

    BalasHapus
  51. Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    * Deposit via Pulsa TELKOMSEL
    * 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

    10 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat
    * Perang Dadu (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : NagaQQ official
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ
    nagaqq

    BalasHapus

Hi, thank you for leaving your comments. I love to hear them. Have a nice day and happy crafting!! :)