Minggu, 09 Agustus 2015

Behind The Story of buku 101 PERCA !! ( Chapter 1 : hikmah setiap ucapan itu adalah sebuah do'a )

 cover buku 101 Perca

Hallo...assalamu'alaikum bloggers..apa kabar?

Yupp sudah hampir setahun vakum gak nulis disini lagi, akhirnya hari memberanikan untuk kembali menulis blog lagi :).

Ada apa dengan KIYUT di 2015?.. 
Alhamdulillah ya sudah banyak sekali cerita dan produk baru yang sudah saya  lewati dan selesaikan dalam waktu kurang lebih setahun terakhir ini...:D. Buat para bloggers dan  teman-teman KIYUT pastinya juga penasaran kan? ada apa dengan KIYUT sekarang... Yuk daripada penasaran, mari disimak beberapa cerita dan kabar terbaru yang belum sempat saya tuliskan di blog tercinta ini :). Insyaallah kedepannya bisa kembali rajin menulis dan berbagi cerita di blog KIYUT lagi ya ( *memotivasi diri sendiri :p ) Dan...inilah cerita pertama yang akan saya bagi dengan kalian.....jreng..jrengg :D

..................................................................

Alhamdulillah Ya Rabb bulan Agustus 2015 ini buku perdana saya yang berjudul #101Perca (pintar berkreasi dengan perca ) telah resmi rilis di Indonesia ( toko buku gramedia dkk dan googleplaystore). Gak berhenti - henti saya untuk bersyukur, karena akhirnya dengan ijin dan kehendak Allah lah akhirnya saya bisa nerbitin buku craft sendiri setelah kurang lebih 5 tahun menggeluti dunia jahit menjahit dan craft. Di postingan ini akan saya  bagi cerita sejarah dan suka dukanya menulis buku perdana ini. 

Beberapa teman-teman dekat maupun teman crafter banyak yang berkomentar dan mengajukan pertanyaan yang sama, ketika saya mulai promo launching buku #101Perca ini di sosmed. "Ihh  kerenn mbak dhini akhirnya bisa nulis buku craft...Lainnya to the point bertanya "Wah mbak punya kenalan orang penerbitkah jadi bisa nulis buku??..ceritain dong gimana awalnya bisa nulis.. Yup.. Intinya sama...beberapa penasaran gimana nih ceritanya dan caranya bisa nulis dan nerbitin buku??. :)

Umm.., sebenernya pengalaman dan proses perjalanan tiap-tiap crafter yang akhirnya menulis dan membukukan karyanya dalam sebuah buku berbeda-beda. Saya teringat awal - awal berkecimpung di dunia craft ( ketrampilan membuat barang handmade ) tahun 2010 dimana masih belum begitu booming dan menjamurnya para penggiat craft bahkan  untuk komunitas craft / pengrajin yang muncul di media online atau offline seperti sekarang..Dimana informasi  tentang craft, entah tutorial, bahan, atau alat2nya masih susah dicari. Dan  salah satu hal yang paling dicari untuk bisa belajar dan mendapat inspirasi barang kerajinan ( handmade ) adalah lewat sebuah buku. Ya buku menjadi salah satu media yang sangat berharga dan cukup penting dimiliki buat para crafter pemula. Rasanya bangga deh bisa beli dan koleksi beberapa buku kerajinan lokal ataupun import yang bisa bikin mata berbinar-binar dan betah berlama-lama memandanginya hihih :D ( lebay yah :p). Ini pendapat saya pribadi lho hehhe bisa jadi teman-teman yang lain gak gitu2 amat :D. Di masa-masa itu , para crafter  saling mengenal satu sama lain lewat blog ( aku sebut ajah crafter blogger ya..karena sebenernya banyak juga lho crafter hebat diluar sana yang mungkin belum saya kenali dari sosial media) Saling bertukar cerita, bertukar info dan giveaway bahkan bertukar award juga!! kerenn kan?? :D, dan sekarang mungkin masih berjalan juga ( maafkan jika saya salah dan gak update karena udah jarang aktif ngeblog lagi :(...).

Di masa itu saya juga mempunyai crafter blogger idola yang menjadi inspirasi saya untuk terus berkarya dan belajar tentang craft. Mereka adalah teman dan crafter blogger senior yang sudah lebih dulu memulai dan memberikan inspirasi positif buat saya pribadi dan masyarakat untuk lebih ngeh dan cinta dengan dunia perhandmade-an dan juga sudah menghasilkan beberapa buku craft yang keren :) (y). Diantaranya ada mba Puri Idekuhandmade, Mba dita Cemprut, mba Sari Ammi Abi, Mba Dini CapungMungil, Mba Fitri gaity, dan masih banyak lagi yang belum saya sebut disini..

Ya saya mengidolakan mereka dan mengagumi karya-karyanya termasuk beberapa buku yang sudah mereka buat, ( alhamdulillah hampir semuanya saya juga punya koleksinya :D ). Dan tentu saja saya juga merasakan dan memiliki rasa penasaran yang sama dengan teman-teman yang mungkin menanyakan hal yang sama..gimana sih bisa buat buku craft... keren ya dan terinspirasi jadi pingin nulis buku juga :).

Skali lagi , disini saya hanya ingin berbagi pengalaman seluk beluk menjadi penulis pemula ( well bagi saya pribadi blum bisa disebut penulis juga kalo seseorang baru nulis 1 buku juga ya??.hehe.) tapi semoga dari ucapan itu juga menjadi sebuah do'a dan menjadi positif tentunya..:). ( duhh maaf ya kalo jadi mbulet ceritanya :p)..maaf saya masih amatir di dunia penulisan ini... cuss lanjut ceritanya...

Dari kekaguman dan rasa penasaran tersebut, ada beberapa teman crafter yang saya tanyakan hal serupa prosesnya gimana bisa nulis buku craft di penerbit nasional. Beberapa diantaranya bercerita ada yang ditawarin langsung, ada juga yang dikenalin dan direkomendasikan temennya yang kebetulan kenal editor penerbitnya..atau sudah pernah nulis buku di penerbit yang sama sebelumnya, ada juga yang mulai secara umum nyoba kontak penerbit lalu nyoba kirim naskah hingga akhirnya deal dan nerbitin buku : ). Nahh..dari situ bisa ditarik satu benang merah ya,,,bahwa salah satu jalan buat bisa nulis buku adalah pentingnya menjalin relationship dan networking yang baik dengan teman-teman.Tapi...buat saya networking yang baik ajah belum jadi jaminan buat bisa mewujudkan mimpi tersebut..lalu apa dong??dasar utama yang perlu dimiliki adalah MIMPI ( keinginan kuat tentang apa yang ingin kamu capai ) dan DO'A :). Ada pepatah yang bilang jangan pernah takut bermimpi...buat saya ada benarnya.. YA saya memang bermimpi bisa menulis dan punya buku sendiri...dan saya mulai memupuk mimpi itu 3 tahun yang lalu, setiap saya melihat teman crafter blogger nerbitin buku..saya bilang dalam hati...kapan ya saya bisa buat buku? atau membatin ah seandainya aku bisa buat buku...dan seterusnya...tapi gak ada action :P, Gimana mau action kalo kita sendiri gak bisa yakin dengan apa yang kita mauin... mungkin dulu saya belum terlalu yakin dengan diri saya sendiri bahkan dengan ucapan saya sendiri..Jadi gak ada alasan kuat buat berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkan mimpi itu...hingga peristiwa itu terjadi setahun lalu mengubah cara pandang saya bahwa setiap ucapan dan kita yakini kita itu adalah do'a...


Kisah setahun yang lalu...(hikmah setiap ucapan itu adalah do'a )

Ya,,,sekitar bulan Juni-Juli tahun 2014 ( agak2 lupa ingat saya tepatnya). Waktu itu saya lagi ngemall dengan sahabat saya dewi, dan masuk ke Toko buku adalah favorit kami berdua. Kami bisa berlama-lama nongkrongin toko buku walau cuma sekedar baca-baca, atau memebeli buku favorit incaran. gak jarang saya juga suka "kepo'in buku - buku craft impor sampe kadang nyuri2 dikit buat moto isi  gambarnya dengan harapan bisa dijadiin inspirasi buat berkarya.. (perlu diingat saya gak bermaksud membenarkan hal tersebut..boleh2 ajah sih kepo dan sah-sah ajah kalo mau kepoin buku, tap juga harus tahu aturan ya..kaya misal minjem buku temen, minjem buku di perpus atau beli versi e booknya resmi biar agak hemat, bukann dengan motretin setiap halaman full dengan alesan kalo bisa copy ngapain juga beli , atau parahnya lagi di copy trus djualin lagi...hiksss itu pelanggaran hak cipta teman..kalo saja kalian semua jadi penulisnya pasti bakalan nyesek juga klo ngalamin hal kaya gitu kan??.. ). Yuk ah mulai hargai karya orang lain dengan cara yang baik :). 

Lanjut....

Seperti biasa bagian rak buku ketrampilan dan hobby aku jajakin satu persatu...Sampai aku tertuju pada sebuah buku craft judulnya " Tas Flanel Trendi " 100 % jahit tangan karya penulis Andie.  Aku liat dalemnya, seperti biasa aku kepo-in isinya heheh :p. Pertama liat isinya dalam hati bilang wah ini buku kerenn, ada beberapa contoh model tas dari flanel dan beberapa sketsa step by step yang di gambar pake cat air..Penasaran dong..sapa sih yang nulis?? eh ternyata andie itu cowok lho !!. Koq bisa ya..emang jarang sih aku nemuin penulis buku craft cowok hehehe atau mungkin saya ajah yang kurang update ( maaf ya mas andie :D). Trus berlanjut deh kepo-in sapa sih penerbitnya??.  Liat dong di belakang bukunya. Lalu ada tulisan dengan font warna ungu LINGUAKATA.

 Nah setelah sekian lama bolak balikin itu buku, antara mau beli apa enggak hahaha ( maklum banyak pertimbangan kalo mau beli buku baru, apalagi kalo emang awalnya gak planning halahhh :P). Trus gak sengaja sahabatku dewi nyamperin dan nanya " Liat buku apa dhin?". Aku bilang ke dewi  "Ini dew buku craft..bagus deh isinya beda dari biasanya. ". Dewi cuma manggut-manggut. Trus aku nyeletuk lagi.." Dew..aku pingin bisa bikin dan nulis buku kaya gini nih..keren." ( biasa ajah.Tapi mungkin pas aku bilang gitu dalam hati pinginnnn banget. :D). Dewi cuma bales.. " yo din, bikino buku lho..". Aku masih belum kebayang gimana ya caranya..aku bales ajah " aamiinnn.. ". Trus aku inget kata temenku yang pernah aku tanyain prosesnya buat buku gimana. Temenku bilang dia coba kontak penerbit dan ngajuin ide naskahnya..dan seterusnya....
Oke next step.. berarti aku harus kontak penerbitnya lalu ngajuin naskah. ( lagi-lagi dalam hati mikir bikin naskah gimana ya?? hehehe, tapi saat itu tiba-tiba ngerasa pede ajah bakal mau nulis buku dalam waktu dekat :D ). Trus tanpa mikir panjang aku potretin itu logo nama penerbitnya,,diapalin namanya dan alamatnya.... ( dalam hati bilang iyaa abis ini aku mikir dan nyicil mau bikin ide naskah apa buat diajuin...entah kapan...)

(FYI terakhir aku masih nyimpen itu foto jepretan alamat penerbit d hp sonyericson lamaku...sayang hpnya udah erorr jadi gak bisa diambil deh gambarnya... :( )



Seminggu kemudian......

Siang itu...tiba-tiba blackberryku berdering..Aku liat nomernya gak dikenal..( mungkin calon customer nelpon nih ). Akhirnya saya jawab telpon itu...terdengar suara wanita di seberang yang akhirnya saya ketahui bahwa dia salah seorang editorku sekarang Mba Radina :)..Kurang lebih terjadi percakapan seperti berikut ini... :

Mba Radina ( editor) : "hallo benar ini nomernya kiyut handycraft?.."
Saya                     : "iya mba, betul..
Mba Radina ( editor ) : "Ini dengan mbak edhini?"
Saya                 :" iya betul saya sendiri mba..." ( mengira-ngira ditelpon calon customer seperti biasanya... :D)
Mba Radina ( editor) : " saya radina mba, dari penerbit lingua kata..." ( suara di seberang terdengar samar-samar ). Seketika sepertinya de javu denger kata terakhirnya :D. tetep berusaha tenang, seolah gak yakin saya tanya lagi...
Saya                     : " maaf dengan siapa mba?"  ( mencoba nyimak baik-baik :D)
Mba Radina ( editor ) : " Radina mba, dari penerbit lingua kata..."

Degg!!...spontan ingatan saya kembali..hah LINGUAKATA? itu kan penerbit buku ketrampilan dan hobby yang beberapa waktu lalu aku kepo-in... ( Udah ge er ajah,,,wah jangan2 aku mau ditawarin nulis buku nih...Yippieeee... tanpa sadar sebuah senyuman terukir diteruskan dengan do'a Ya allah  semoga bener dugaanku...aamiiinnn !! :) )

Dari obrolan singkat itulah awal dimulainya perjalananku untuk menulis buku #101Perca :). Ya mba Radina menawari saya untuk menulis buku di sana.. Dan tanpa pikir panjang....saya mengiyakannya... Lalu  kami janjian ketemu lagi untuk membicarakannya lebih lanjut.. Ya ini mimpiku...Ini adalah cita-citaku... ( walau sebenarnya jujur saya masih gak pede waktu itu...bisa gak ya? aku kan juga gak punya skill menulis yang gimana gitu...ini mau buat buku kaya gimna?? hehehe )... Tapi keraguan itu  tertutupi oleh rasa bahagia karena sudah terbuka jalannya. Alhamdulillah... Ya aku mau nulis buku....!!!


Allahu Akbar!...Terima kasih...alhamdulillah YA ALLAH kau berikan jalan pada hamba untuk bisa menjadi seorang penulis... :)

( to be continue.... *) )


*) Cerita tentang proses menulisnya  insya allah akan saya lanjut di postingan berikutnya ya teman2... ( maklum ini harus dihentikan dulu, karena bisa panjanggg ceritanya, bisa-bisa udah jadi satu novel nih :P hahaha *kepedeen :D ).
 ............

Teman-teman....cerita diatas benar adanya dan saya alamin sendiri ( based on true story)...
Rasulullah SAW pernah bersabda...
“Kullu kalam addu’a.” (Setiap perkataan adalah do’a). 

Kisah saya adalah contoh nyata betapa TUHAN ( ALLAH) sangatlah dekat dengan kita, tanpa kita sadari ucapan yang mungkin kita ucapkan tanpa sengaja..tapi kita yakini betul adalah sebuah do'a yang sangat dahsyatnya.....

Bagi saya pribadi...kisah tersebut juga sebagai pelajaran dan hikmah yang akhirnya merubah mindset saya...Ya gak ada yang gak mungkin...Jika ALLAH sudah berkehendak...maka terjadilah..

Kita gak akan pernah tahu kapan do'a kita dikabulkan... bisa langsung seketika..bisa dipending agak lama..bisa nanti di balas di akhirat..
Jadi jangan pernah  berhenti bermimpi...berharap dan berdo'a  ya teman- teman..:)

Selamat Pagi dan selamat beraktivitas ^_^ !!




Pose bertiga dengan kedua editorku yang kece..Mba Radina dan Mba Gayu :)


Cheers,


 




4 komentar:

  1. sekali lg congratulation saaaayyyy....bangga bgt pny temen yg skg bs disebut "penulis" hihiii...smg mimpi2 mu yg lain segera terwujud say...*hug*

    BalasHapus
  2. sekali lg congratulation saaaayyyy....bangga bgt pny temen yg skg bs disebut "penulis" hihiii...smg mimpi2 mu yg lain segera terwujud say...*hug*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih ratih :) *kiss and hug*

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Hi, thank you for leaving your comments. I love to hear them. Have a nice day and happy crafting!! :)