Minggu, 09 Agustus 2015

Behind The Story of 101 PERCA !! ( Chapter 1 : hikmah setiap ucapan itu adalah sebuah do'a )

 cover buku 101 Perca

Hallo...assalamu'alaikum bloggers..apa kabar?

Yupp sudah hampir setahun vakum gak nulis disini lagi, akhirnya hari memberanikan untuk kembali menulis blog lagi :).

Ada apa dengan KIYUT di 2015?.. 
Alhamdulillah ya sudah banyak sekali cerita dan produk baru yang sudah saya  lewati dan selesaikan dalam waktu kurang lebih setahun terakhir ini...:D. Buat para bloggers dan  teman-teman KIYUT pastinya juga penasaran kan? ada apa dengan KIYUT sekarang... Yuk daripada penasaran, mari disimak beberapa cerita dan kabar terbaru yang belum sempat saya tuliskan di blog tercinta ini :). Insyaallah kedepannya bisa kembali rajin menulis dan berbagi cerita di blog KIYUT lagi ya ( *memotivasi diri sendiri :p ) Dan...inilah cerita pertama yang akan saya bagi dengan kalian.....jreng..jrengg :D

..................................................................

Alhamdulillah Ya Rabb bulan Agustus 2015 ini buku perdana saya yang berjudul #101Perca (pintar berkreasi dengan perca ) telah resmi rilis di Indonesia ( toko buku gramedia dkk dan googleplaystore). Gak berhenti - henti saya untuk bersyukur, karena akhirnya dengan ijin dan kehendak Allah lah akhirnya saya bisa nerbitin buku craft sendiri setelah kurang lebih 5 tahun menggeluti dunia jahit menjahit dan craft. Di postingan ini akan saya  bagi cerita sejarah dan suka dukanya menulis buku perdana ini. 

Beberapa teman-teman dekat maupun teman crafter banyak yang berkomentar dan mengajukan pertanyaan yang sama, ketika saya mulai promo launching buku #101Perca ini di sosmed. "Ihh  kerenn mbak dhini akhirnya bisa nulis buku craft...Lainnya to the point bertanya "Wah mbak punya kenalan orang penerbitkah jadi bisa nulis buku??..ceritain dong gimana awalnya bisa nulis.. Yup.. Intinya sama...beberapa penasaran gimana nih ceritanya dan caranya bisa nulis dan nerbitin buku??. :)

Umm.., sebenernya pengalaman dan proses perjalanan tiap-tiap crafter yang akhirnya menulis dan membukukan karyanya dalam sebuah buku berbeda-beda. Saya teringat awal - awal berkecimpung di dunia craft ( ketrampilan membuat barang handmade ) tahun 2010 dimana masih belum begitu booming dan menjamurnya para penggiat craft bahkan  untuk komunitas craft / pengrajin yang muncul di media online atau offline seperti sekarang..Dimana informasi  tentang craft, entah tutorial, bahan, atau alat2nya masih susah dicari. Dan  salah satu hal yang paling dicari untuk bisa belajar dan mendapat inspirasi barang kerajinan ( handmade ) adalah lewat sebuah buku. Ya buku menjadi salah satu media yang sangat berharga dan cukup penting dimiliki buat para crafter pemula. Rasanya bangga deh bisa beli dan koleksi beberapa buku kerajinan lokal ataupun import yang bisa bikin mata berbinar-binar dan betah berlama-lama memandanginya hihih :D ( lebay yah :p). Ini pendapat saya pribadi lho hehhe bisa jadi teman-teman yang lain gak gitu2 amat :D. Di masa-masa itu , para crafter  saling mengenal satu sama lain lewat blog ( aku sebut ajah crafter blogger ya..karena sebenernya banyak juga lho crafter hebat diluar sana yang mungkin belum saya kenali dari sosial media) Saling bertukar cerita, bertukar info dan giveaway bahkan bertukar award juga!! kerenn kan?? :D, dan sekarang mungkin masih berjalan juga ( maafkan jika saya salah dan gak update karena udah jarang aktif ngeblog lagi :(...).

Di masa itu saya juga mempunyai crafter blogger idola yang menjadi inspirasi saya untuk terus berkarya dan belajar tentang craft. Mereka adalah teman dan crafter blogger senior yang sudah lebih dulu memulai dan memberikan inspirasi positif buat saya pribadi dan masyarakat untuk lebih ngeh dan cinta dengan dunia perhandmade-an dan juga sudah menghasilkan beberapa buku craft yang keren :) (y). Diantaranya ada mba Puri Idekuhandmade, Mba dita Cemprut, mba Sari Ammi Abi, Mba Dini CapungMungil, Mba Fitri gaity, dan masih banyak lagi yang belum saya sebut disini..

Ya saya mengidolakan mereka dan mengagumi karya-karyanya termasuk beberapa buku yang sudah mereka buat, ( alhamdulillah hampir semuanya saya juga punya koleksinya :D ). Dan tentu saja saya juga merasakan dan memiliki rasa penasaran yang sama dengan teman-teman yang mungkin menanyakan hal yang sama..gimana sih bisa buat buku craft... keren ya dan terinspirasi jadi pingin nulis buku juga :).

Skali lagi , disini saya hanya ingin berbagi pengalaman seluk beluk menjadi penulis pemula ( well bagi saya pribadi blum bisa disebut penulis juga kalo seseorang baru nulis 1 buku juga ya??.hehe.) tapi semoga dari ucapan itu juga menjadi sebuah do'a dan menjadi positif tentunya..:). ( duhh maaf ya kalo jadi mbulet ceritanya :p)..maaf saya masih amatir di dunia penulisan ini... cuss lanjut ceritanya...

Dari kekaguman dan rasa penasaran tersebut, ada beberapa teman crafter yang saya tanyakan hal serupa prosesnya gimana bisa nulis buku craft di penerbit nasional. Beberapa diantaranya bercerita ada yang ditawarin langsung, ada juga yang dikenalin dan direkomendasikan temennya yang kebetulan kenal editor penerbitnya..atau sudah pernah nulis buku di penerbit yang sama sebelumnya, ada juga yang mulai secara umum nyoba kontak penerbit lalu nyoba kirim naskah hingga akhirnya deal dan nerbitin buku : ). Nahh..dari situ bisa ditarik satu benang merah ya,,,bahwa salah satu jalan buat bisa nulis buku adalah pentingnya menjalin relationship dan networking yang baik dengan teman-teman.Tapi...buat saya networking yang baik ajah belum jadi jaminan buat bisa mewujudkan mimpi tersebut..lalu apa dong??dasar utama yang perlu dimiliki adalah MIMPI ( keinginan kuat tentang apa yang ingin kamu capai ) dan DO'A :). Ada pepatah yang bilang jangan pernah takut bermimpi...buat saya ada benarnya.. YA saya memang bermimpi bisa menulis dan punya buku sendiri...dan saya mulai memupuk mimpi itu 3 tahun yang lalu, setiap saya melihat teman crafter blogger nerbitin buku..saya bilang dalam hati...kapan ya saya bisa buat buku? atau membatin ah seandainya aku bisa buat buku...dan seterusnya...tapi gak ada action :P, Gimana mau action kalo kita sendiri gak bisa yakin dengan apa yang kita mauin... mungkin dulu saya belum terlalu yakin dengan diri saya sendiri bahkan dengan ucapan saya sendiri..Jadi gak ada alasan kuat buat berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkan mimpi itu...hingga peristiwa itu terjadi setahun lalu mengubah cara pandang saya bahwa setiap ucapan dan kita yakini kita itu adalah do'a...


Kisah setahun yang lalu...(hikmah setiap ucapan itu adalah do'a )

Ya,,,sekitar bulan Juni-Juli tahun 2014 ( agak2 lupa ingat saya tepatnya). Waktu itu saya lagi ngemall dengan sahabat saya dewi, dan masuk ke Toko buku adalah favorit kami berdua. Kami bisa berlama-lama nongkrongin toko buku walau cuma sekedar baca-baca, atau memebeli buku favorit incaran. gak jarang saya juga suka "kepo'in buku - buku craft impor sampe kadang nyuri2 dikit buat moto isi  gambarnya dengan harapan bisa dijadiin inspirasi buat berkarya.. (perlu diingat saya gak bermaksud membenarkan hal tersebut..boleh2 ajah sih kepo dan sah-sah ajah kalo mau kepoin buku, tap juga harus tahu aturan ya..kaya misal minjem buku temen, minjem buku di perpus atau beli versi e booknya resmi biar agak hemat, bukann dengan motretin setiap halaman full dengan alesan kalo bisa copy ngapain juga beli , atau parahnya lagi di copy trus djualin lagi...hiksss itu pelanggaran hak cipta teman..kalo saja kalian semua jadi penulisnya pasti bakalan nyesek juga klo ngalamin hal kaya gitu kan??.. ). Yuk ah mulai hargai karya orang lain dengan cara yang baik :). 

Lanjut....

Seperti biasa bagian rak buku ketrampilan dan hobby aku jajakin satu persatu...Sampai aku tertuju pada sebuah buku craft judulnya " Tas Flanel Trendi " 100 % jahit tangan karya penulis Andie.  Aku liat dalemnya, seperti biasa aku kepo-in isinya heheh :p. Pertama liat isinya dalam hati bilang wah ini buku kerenn, ada beberapa contoh model tas dari flanel dan beberapa sketsa step by step yang di gambar pake cat air..Penasaran dong..sapa sih yang nulis?? eh ternyata andie itu cowok lho !!. Koq bisa ya..emang jarang sih aku nemuin penulis buku craft cowok hehehe atau mungkin saya ajah yang kurang update ( maaf ya mas andie :D). Trus berlanjut deh kepo-in sapa sih penerbitnya??.  Liat dong di belakang bukunya. Lalu ada tulisan dengan font warna ungu LINGUAKATA.

 Nah setelah sekian lama bolak balikin itu buku, antara mau beli apa enggak hahaha ( maklum banyak pertimbangan kalo mau beli buku baru, apalagi kalo emang awalnya gak planning halahhh :P). Trus gak sengaja sahabatku dewi nyamperin dan nanya " Liat buku apa dhin?". Aku bilang ke dewi  "Ini dew buku craft..bagus deh isinya beda dari biasanya. ". Dewi cuma manggut-manggut. Trus aku nyeletuk lagi.." Dew..aku pingin bisa bikin dan nulis buku kaya gini nih..keren." ( biasa ajah.Tapi mungkin pas aku bilang gitu dalam hati pinginnnn banget. :D). Dewi cuma bales.. " yo din, bikino buku lho..". Aku masih belum kebayang gimana ya caranya..aku bales ajah " aamiinnn.. ". Trus aku inget kata temenku yang pernah aku tanyain prosesnya buat buku gimana. Temenku bilang dia coba kontak penerbit dan ngajuin ide naskahnya..dan seterusnya....
Oke next step.. berarti aku harus kontak penerbitnya lalu ngajuin naskah. ( lagi-lagi dalam hati mikir bikin naskah gimana ya?? hehehe, tapi saat itu tiba-tiba ngerasa pede ajah bakal mau nulis buku dalam waktu dekat :D ). Trus tanpa mikir panjang aku potretin itu logo nama penerbitnya,,diapalin namanya dan alamatnya.... ( dalam hati bilang iyaa abis ini aku mikir dan nyicil mau bikin ide naskah apa buat diajuin...entah kapan...)

(FYI terakhir aku masih nyimpen itu foto jepretan alamat penerbit d hp sonyericson lamaku...sayang hpnya udah erorr jadi gak bisa diambil deh gambarnya... :( )



Seminggu kemudian......

Siang itu...tiba-tiba blackberryku berdering..Aku liat nomernya gak dikenal..( mungkin calon customer nelpon nih ). Akhirnya saya jawab telpon itu...terdengar suara wanita di seberang yang akhirnya saya ketahui bahwa dia salah seorang editorku sekarang Mba Radina :)..Kurang lebih terjadi percakapan seperti berikut ini... :

Mba Radina ( editor) : "hallo benar ini nomernya kiyut handycraft?.."
Saya                     : "iya mba, betul..
Mba Radina ( editor ) : "Ini dengan mbak edhini?"
Saya                 :" iya betul saya sendiri mba..." ( mengira-ngira ditelpon calon customer seperti biasanya... :D)
Mba Radina ( editor) : " saya radina mba, dari penerbit lingua kata..." ( suara di seberang terdengar samar-samar ). Seketika sepertinya de javu denger kata terakhirnya :D. tetep berusaha tenang, seolah gak yakin saya tanya lagi...
Saya                     : " maaf dengan siapa mba?"  ( mencoba nyimak baik-baik :D)
Mba Radina ( editor ) : " Radina mba, dari penerbit lingua kata..."

Degg!!...spontan ingatan saya kembali..hah LINGUAKATA? itu kan penerbit buku ketrampilan dan hobby yang beberapa waktu lalu aku kepo-in... ( Udah ge er ajah,,,wah jangan2 aku mau ditawarin nulis buku nih...Yippieeee... tanpa sadar sebuah senyuman terukir diteruskan dengan do'a Ya allah  semoga bener dugaanku...aamiiinnn !! :) )

Dari obrolan singkat itulah awal dimulainya perjalananku untuk menulis buku #101Perca :). Ya mba Radina menawari saya untuk menulis buku di sana.. Dan tanpa pikir panjang....saya mengiyakannya... Lalu  kami janjian ketemu lagi untuk membicarakannya lebih lanjut.. Ya ini mimpiku...Ini adalah cita-citaku... ( walau sebenarnya jujur saya masih gak pede waktu itu...bisa gak ya? aku kan juga gak punya skill menulis yang gimana gitu...ini mau buat buku kaya gimna?? hehehe )... Tapi keraguan itu  tertutupi oleh rasa bahagia karena sudah terbuka jalannya. Alhamdulillah... Ya aku mau nulis buku....!!!


Allahu Akbar!...Terima kasih...alhamdulillah YA ALLAH kau berikan jalan pada hamba untuk bisa menjadi seorang penulis... :)

( to be continue.... *) )


*) Cerita tentang proses menulisnya  insya allah akan saya lanjut di postingan berikutnya ya teman2... ( maklum ini harus dihentikan dulu, karena bisa panjanggg ceritanya, bisa-bisa udah jadi satu novel nih :P hahaha *kepedeen :D ).
 ............

Teman-teman....cerita diatas benar adanya dan saya alamin sendiri ( based on true story)...
Rasulullah SAW pernah bersabda...
“Kullu kalam addu’a.” (Setiap perkataan adalah do’a). 

Kisah saya adalah contoh nyata betapa TUHAN ( ALLAH) sangatlah dekat dengan kita, tanpa kita sadari ucapan yang mungkin kita ucapkan tanpa sengaja..tapi kita yakini betul adalah sebuah do'a yang sangat dahsyatnya.....

Bagi saya pribadi...kisah tersebut juga sebagai pelajaran dan hikmah yang akhirnya merubah mindset saya...Ya gak ada yang gak mungkin...Jika ALLAH sudah berkehendak...maka terjadilah..

Kita gak akan pernah tahu kapan do'a kita dikabulkan... bisa langsung seketika..bisa dipending agak lama..bisa nanti di balas di akhirat..
Jadi jangan pernah  berhenti bermimpi...berharap dan berdo'a  ya teman- teman..:)

Selamat Pagi dan selamat beraktivitas ^_^ !!




Pose bertiga dengan kedua editorku yang kece..Mba Radina dan Mba Gayu :)


Cheers,


 




Kamis, 03 Juli 2014

Cushions for Living made by Kiyut handycraft :)


Hallo blogger long time no see ya...:D. Di awal bulan Juli yang berbarengan dengan awal bulan puasa, aku ingin share beberapa karya baru dari Kiyut handycraft yang sempat vakum terupdate di blog ini :). Yuk mari di simak...

Sejak bulan April 2014 ada produk baru yang saya buat di Kiyut handycraft ini, yaitu " cushions for living " :)). Sengaja saya kasih judul itu karena cushion - cushion cantik ini memang dibuat untuk mempercantik sofa di rumah kita ^_^. Berawal dari permintaan kakak saya yang  minta dibuatkan cushions untuk sofa baru di ruang keluarganya yang kemudian menarik beberapa teman dan rekan lain untuk dibuatkan bantal serupa. Yeayy .. ^_^ akhirnya terpikirkan oleh saya untuk selanjutnya membuat beberapa cushions baru dengan motif yang unik dan limited ini menjadi salah satu produk barunya Kiyut :).

Berikut beberapa proyek cushions for living yang sudah pernah saya buat sejak april 2014 ;).


 pesanan pertama dari dari kakak tercinta :)




 cushions pesanan sahabat di balikpapan

paisley baby pink dan flowie land blue pesanan mba neni di surabaya :)


colorful cuhions pesanan tante tercinta di sidoarjo



 
flowery cushions pesananan sahabat di jakarta

Cushion - cushion cantik tersebut saya buat dengan memadu padankan beberapa motif berbeda pada tiap sisinya. Sengaja saya buat padu padan sehingga mudah kita bolak balik untuk memberi suasana baru di sofa rumah kita jika kita bosan ,lebih praktis bukan ? :). 

Selain cushions set dengan motif senada, saya juga membuat beberapa pillow satuan dengan motif unik, seperti ini..

"icecream" pillow sold out to sidoarjo

"cute ellie" pillow sold out to tangerang

Alhamdulillah dalam rangka menyambut hari raya lebaran ini. Kiyut handycraft membuat beberapa paket cushions set cantik dilengkapi dengan pouch tissue dan table runner yang dibuat dengan motif yang unik dan limited tentunya, insya allah makin menambah keceriaan dan suasana baru di sofa ruang tamu atau ruang keluarga kiyut lovers semua. 
Bagi teman - teman yang berminat order atau ingin melihat koleksi cushions uniknya  bisa langsung meluncur ke album ready stock di fan pages Kiyut ya... :)


contoh seri cushions set terbaru . Alhamdulillah sudah sold out ke sidoarjo :)





Cheers,



Jumat, 11 April 2014

Denim cover passport parade -part 5- (new custom design)

denim cover passport parade

Hai blogger postingan kali ini, saya ingin share beberapa portfolio pesanan denim cover passport ala Kiyut Handycraft yang telah dibuat sejak Desember 2013 hingga maret 2014 kemarin. Kenapa denim cover passport lagi? hehe yup karena sejak pertama dibuat hingga saat ini, cover passport ini merupakan produk Kiyut Handycraft yang paling nge hits, hehehe. Alhamdulillah setiap open PO baru , slalu ada beberapa permintaan custom  baru baik ide dan model baru yang akhirnya menambah koleksi desain denim cover passportnya Kiyut saat ini. Berikut beberapa model dan desain custom cover passport terbaru dari Kiyut ;).



'red flower' and 'cute plane' order from Mba Irma  (Jakarta)



'kiyut piggy' cover passport order from sis sonia di Bandung :)



Pink paris , Sydney and Hello kitty cover passport order from sis Sherly (jakarta )



"Letter/number initial", "Doraemon" and "sulur" request from sis Thea (Karawang)



" winnie the pooh " and "minions' cover passport requet from sis Devi ( Jakarta)




"borobudur" cover passport request from Dedik (Surabaya)



 cover passport full applique request from sis Andika (Jakarta)


 request from sis Mita ( Surabaya )


 family set cover passport (cute plane, owlie and baloon air) request from Yani ( Sidoarjo)



 
" London Bus" and "candy camera" request from sis Annisa (Jakarta)



Cheers,


Hai kiyut lovers...mulai tanggal12 Aprilm2014  Kiyut handicraft ngadaain pre order baru untuk denim cover passport. Syarat dan ketentuanya bisa di lihat disini.


Selasa, 01 April 2014

SRV and Les paul gibson guitar pillow made by Kiyut ^_^

Bantal gitar stevie ray voughan versi Kiyut :)


Hello...akhirnya saya bisa kembali menulis postingan baru di blog Kiyut ini setelah hampir 2 bulan absen posting blog. Ini adalah salah satu pesanan custom di Bulan Februari 2014, yaitu 2 buah bantal gitar :).
Bantal gitar pertama adalah bantal gitar SRV ( stevie ray voughan) pesanan dari Jakarta. Bantal gitar ini dibuat dengan ukuran panjang 1 m dan gambar menyesuaikan dengan desain gitar aslinya. Masih menggunakan 2 kombinasi bahan yaitu kain katun dan felt.

gambar detail  bantal gitar SRV


Bantal gitar custom yang kedua adalah bantal gitar Les paul Gibson, pesanan dari Malang. Bantal ini dibuat dengan ukuran panjang sekitar 80 cm. Untuk warna background bantal dipilih merah maroon, sedang gambar gitar dibuat persis desain gitar aslinya yaitu menggunakan felt warna hitam.

Bantal gitar Les Paul Gibson versi Kiyut :)


Cheers,




Senin, 13 Januari 2014

KIREI clutch for my auntie :)




Hai blogger..masih di awal Tahun baru kemarin aku disibukkan dengan beberapa proyek lama yang baru bisa aku share saat ini diantaranya adalah beberapa clutch dan dompet organizer. Kali ini yang akan aku share adalah clutch terbaru dari Kiyut Handycraft. Aku beri nama KIREI clutch. Yupp KIREI aku ambil dari bahasa Jepang yang artinya "cantik" :), karena menurut aku desain dan pemilihan motif untuk clutch ini terlihat cantik dan manis hehehe.

Kirei clutch

Ide dasar clutch ini berasal dari simple denim clutch yang sudah aku buat sebelumnya yaitu perpaduan clucth untuk olivia dan simple clutch for G-note. Ini saya buat khusus dalam rangka memenuhi pesanan dari tanteku tercinta. Beliau ingin dibuatkan clutch simple setelah melihat postingan foto simple denim clutch buat olivia :). Akhirnya saya buatkan simple clutch ini menggunakan perpaduan kain denim dan katun jepang bermotif bunga-bunga :). Hiasan renda rajut masih menjadi salah satu ciri khas yang ingin saya tampilkan di clutch ini. Untuk hiasan depan cover agar tidak terlalu keliatan kosong saya berikan 3 susun kancing kayu hias berbeda ukuran dan motif, dengan harapan clutch ini tetap terlihat cantik, manis, dan classic sesuai ciri khasnya Kiyut :).

detail bagian dalam clutch


Alhamdulillah tanteku senang dengan hasil clutch terbaru Kiyut untuk dia pakai jalan-jalan :). Oh ya karena masih percobaan awal saya buatkan satu lagi untuk contoh dan ready stock yang bisa di order, tetap bermain motif bunga-bunga hanya warnanya yang berbeda saja.


white rose KIREI clutch

Untuk Kirei clutch motif white rose ini sengaja saya buat senada dengan cover passport bergambar menara eiffel dengan motif yang sama. Terlihat cantik dan manis sesuai namanya kan?heheh :D. Oh ya alhamdulillah teman , KIREI clutch dengan motif white rose ini juga sudah SOLD OUT siang ini :).
Insyaallah kedepannya saya berencana akan membuat beberapa ready stock baru untuk KIREI clutch ini. So.. ditunggu kehadirannya ya..:)



Cheers,